logoblog

Cari

TPS Mobile Container, Inovasi Penanganan Sampah

TPS Mobile Container, Inovasi Penanganan Sampah

Dari Pantai Ampenan menuju Jalan langko Mataram, eksotisme Simpang lima di waktu malam memberi  nuansa kegemerlapan. Hilir-mudir kendaraan disibukkan oleh ragam

Inovasi ASN

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
21 Februari, 2019 19:59:42
Inovasi ASN
Komentar: 0
Dibaca: 1700 Kali

Dari Pantai Ampenan menuju Jalan langko Mataram, eksotisme Simpang lima di waktu malam memberi  nuansa kegemerlapan. Hilir-mudir kendaraan disibukkan oleh ragam tujuan. Namun ketika melintas di jembatan Malomba Mataram, situasi malam merubah pikiran dan perasaan para pengendara. Tepatnya di ujung jembatan pada bagian kiri, sejumlah bak container sampah yang sudah menjadi kodratnya untuk menebarkan bau tidak sedap. Lokasi ini ternyata menjadi salah satu tempat pembuangan sampah sementara dari warga Ampenan Selatan. Tapi bukan tempat pembuangan sampah sembarangan, melainkan tempat pembuangan sampah yang telah dikelolah oleh pemerintah setempat dengan sistem bak container.

  

Pola TPS bak kontainer yang diterapkan di wilayah Ampenan Selatan merupakan suatu inovasi pola penanganan sampah di Mataram. Model inovasi tersebut diterapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, yaitu dengan menggunakan bak container yang disiapakan pada titik-titik pembuangan sampah sementara, seperti yang terdapat di ujung jembatan Malomba Mataram pada bagian kiri.

“ Bak container yang tersedia di setiap titik pembuangan sampah sementara di Mataram, seperti yang terdapat di ujung jembatan Malomba itu nantinya akan diangkut oleh mobil truk yang akan membawa sampah ke TPA Banyumulek Lombok Barat.” Ujar Dedy, salah seorang petugas pengangkut sampah.

“Pengangkutan bak container oleh mobil truk menuju ke TPA Banyumulek Lombok Barat berlangsung dari pukul 17.00 Wita sampai dengan Pukul 21.00 wita setiap hari,” ujar Adi, salah seorang sopir pengangkut bak container sampah, Kamis (21/2).

Hanya saja sekarang, bak container sudah ditetapkan untuk tertempel pada mobil truk secara paten, hal ini merupakan kebijakan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram sehingga  pola TPS mobile container menjadi salah satu bentuk inovasi pola penanganan sampah di Mataram. Bak kontainer  tidak lagi dilepas begitu saja di titik titik sebelumnya, tapi tetap menempel di truk dan mendatangi lokasi pembuangan sampah sementara pada waktu yang sudah ditentukan.

 

Baca Juga :


Sofyan, salah seorang warga Ampenan Selatan bertutur bahwa efektifitas penerapan TPS mobile container sampah di Mataram merupakan kebijakan dari DLH yang diterapkan sejak Februari 2017. Penerapan system tersebut terselenggara di beberapa titik yang telah disesuaikan dengan kemampuan pelayanan dari petugas pengangkut sampah.

Berdasar pemantauan, pengangkutan sampah bermula dari sampah rumah tangga yang lebih awal diangkut oleh kendaraan beroda tiga. Setelah itu dimasukkan ke dalam container dump truk yang telah menunggu. Posisi truk container pada titik-titik yang sebelumnya menjadi dudukan dari bak container sampah.

Menurut Aty salah seorang warga Ampenan Selatan bahwa system pengaturan jam pelayanan sampah oleh pengangkut sampah roda tiga  dilakukan oleh petugas DLH. “Warga sekitar tidak perlu membuang sampah lagi ke TPS sebelumnya, namun petugaslah yang datang langsung menjemput sampah rumah tangga di tiap lingkungan.

Kehadiran penerapan sistem pengangkutan sampah dengan model pola TPS mobile tentu merupakan suatu kebijakan dari pemerintah atau Dinas Lingkungan idup (DLH) yang cukup memberi dampak positif pada efektifitas jam pelayanan pengangkutan sampah. Telebih dari pelaksanaan jam pelayanan sampah dilakukan pada malam hari, yang juga tentu memberi efektifitas dalam mensinergiskan situasi arus berlalu lintas.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan