logoblog

Cari

Tutup Iklan

Peserta Diklat PIM III Sulteng Pelajari Kampung Media

Peserta Diklat PIM III Sulteng Pelajari Kampung Media

Sebanyak 40 orang pejabat eselon III yang merupakan peserta Diklat Kepemimpinan (PIM) Tingkat 3 Angkatan ke-XVIII tahun 2018 dari Pemerintah Provinsi

Inovasi ASN

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
08 Mei, 2018 15:23:20
Inovasi ASN
Komentar: 0
Dibaca: 2278 Kali

Sebanyak 40 orang pejabat eselon III yang merupakan peserta Diklat Kepemimpinan (PIM) Tingkat 3 Angkatan ke-XVIII tahun 2018 dari Pemerintah Provinsi Sulewesi Tengah (Sulteng)  berkunjung ke Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam rangka benchmarking untuk mempelajari tentang Kampung Media sebagai The Best Praktis yang akan dijadikan bahan dalam rangka membuat sebuah projek perubahan di daerahnya.

Kepala  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Rifailof, M.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa memilih NTB sebagai tempat untuk belajar tentang sebuah inovasi The Best Practik karena memiliki program inovasi untuk meningkatkan pelayanan public.

“Kunjungan ke Lombok NTB dalam rangka belajar tentang sebuah inovasi yang luar biasa yaitu kampung media sebuah inovasi yang cukup berhasil ada di Provinsi NTB agar dapat diadopsi di daerah kami,” jelas Rifailof.

Kampung Media yang sudah mendapatkan 2 anugerah. Anugerah Kampung Media memperoleh penghargaan Universal Service Obligation (USO AWARD) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia karena dinilai sebagai ide kreatif terbaik dalam penyebarluasan informasi dari Kementerian Kominfo RI.

Prestasi nasional lainnya Kampung Media juga  menyabet 9 TOP Inovasi Nasional bidang Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) menyisihkan 515 Inovasi dari seluruh Indonesia yang diikuti semua daerah dan lembaga serta kementrian.

 

Peserta diklat PIM III  yang berjumlah 40 orang dibagi lagi menjadi 3 kelompok agar dapat focus mempelajari sesuai dengan kelompok-kelompoknya yang telah di atur dan tentukan untuk mempelajari tentang 3 bidang di OPD lingkup Pemrov. NTB.

Kemudian setelah itu 3 kelompok yang telah dibagi ini, kelompok pertama mempelajari tentang kampung media, Kelompok kedua  belajar menemukan arsip dalam hitungan detik dari Biro Umum dan kelompok III  mempelajari tentang pertanian.

Dan Di komandai oleh pimpinan kelompok pertama Madham, melawat ke Diskominfo NTB dan untuk mengunjungi Kampung Media. Peserta diklat PIM yang berkunjung ini sempat melihat langsung server Kampung Media dan mendapat penjelasan tentang Kampung Media.

 

Kepala Dinas Kominfotik NTB Tri Budiprayitno, menyambut baik kedatangan Diklat Kepemimpinan (PIM) Tingkat 3 Angkatan ke-XVIII tahun 2018 dari Pemerintah Provinsi Sulewesi Tengah (Sulteng)  berkunjung ke Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). “Kampung Media adalah sebuah program inovasi pelayanan public yang sudah menasional, silakan dipelajari dan bisa di adopsi di daerah bapak dan ibu,” jelas Kadis Kominfotik NTB.

 

Dalam kunjungan ke markas Kampung Media Diskominfotik NTB, peserta diklat PIM III mendapatkan penjelasan tentang Kampung Media dari awal mula digagas hingga sekarang ini, dari Sekretaris Dinas dan sekaligus penggagas Kampung Media Fairuz Abadi, SH

 

Tidak puas dengan penjelasan dari Kepala Kampung Media, peserta diklat PIM III melayangkan beberapa pertanyaan terkait dengan kampung media kepada penggagas sekaligus kepala kampung media. Peserta Diklat PIM III ini berasal dari berbagai OPD di daerahnya. Ada yang berasa dari Humas, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo.

 

 

Baca Juga :


Peserta begitu antusias mendengarkan uraian dan penjelasan tentang kampung Media ketika di utaran oleh pria yang sekarang ini menjabat orang kedua di lingkup Dinas Kominfotik NTB.

 

"Mereka antusias dan menyimak dengan serius penjelasan Kepala Kampung Media, Abu Macel. Satu persatu mekanisme, cara kerja dan bagaimana sistemnya semua dijelaskan  dari proses pertama hanya sekedar blog kemudian berkembang menjadi portal bersama," jelas Fairuz.

 

Lebih lanjut pertanyaan seperti bagaimana sistem kerja dan berapa orang teknisi yang bekerja di dalam websait kampung media, dijelaskan bahwa ada ada 3 editor yang bekerja 24 jam setiap hari, 2 tenaga admin dan 2 tenaga cyber security.

Ketertarikan mereka menggali lebih dalam tentang kampung media tidak hanya sampai disitu, mereka menanyakan berapa berita yang masuk dalam sehari, dengan semanagat Fairuz menjawab bahwa setiap hari ada 50-70 berita yang masuk ke kampung media, Berita yang masuk ke redaksi Kampung Media beragam.

 

Gempuran pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan oleh peserta Diklat PIM III. Mengapa kampung media menjadi sukses, yang paling utama adalah bahwa kebebasan berpendapat itu benar-benar diberikan oleh pemerintah provinsi NTB kepada masyarakat. Sehingga pemberitaan ini direspon dengan cepat oleh pemrov. NTB. ”Pemberitaan di KM itu beragam misalnya tentang pengaduan seperti jalan, jembatan, fasilitas gedung sekolah dan lain sebagainya, akan cepat direspon oleh instansi terkait,”jelas Fairuz.

 

Fairuz juga menambahkan keberhasilan kampung media sehingga besar seperti ini adalah adanya konsep bersaing di masyarakat sebagai arahan Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi sehingga di portal kampung media ada penulisan-penulisan bersaing untuk di beri anugerah setiap tahun lewat Jambore Kampung Media.

 

Peserta Diklat PIM III, melalui Madham juga mengakui bahwa program inovasi terhadap kampung media yang telah mendapat pengakuan secara nasional , inovasi arsip dimana kearsipan NTB dapat menyajikan arsip selama tiga menit dan inovasi terhadap bidang pertanian memilih NTB untuk dukunjungi.

 

Pimpinan kelompok III Diklat PIM III ini, berencana mengadopsi untuk membangun Kampung Media di daerah. “Penetapan NTB sebagai tempat untuk belajar bukan tanpa alasan. Melainkan ada beberapa inovasi yang dimiliki NTB, terutama Kampung Media yang sudah menasional,” jelas Madham.  (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan