logoblog

Cari

Tutup Iklan

Husni, Guru SDN Sondosia Raih Inobel Inovasi Pendidikan

Husni, Guru SDN Sondosia Raih Inobel Inovasi Pendidikan

KIMBOLO.INFO—Husni S.Pd—seorang guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas III SDN Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima-NTB, berhasil meraih Anugerah sebagai Guru

Inovasi ASN

KIM Bolo
Oleh KIM Bolo
22 November, 2017 11:59:48
Inovasi ASN
Komentar: 0
Dibaca: 1915 Kali

KIMBOLO.INFO—Husni S.Pd—seorang guru Bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas III SDN Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima-NTB, berhasil meraih Anugerah sebagai Guru Inovasi Tingkat Nasional  2017.

Pria di Desa Sondosia Kecamatan Bolo ini, berhasil membuat metode baru pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode Peta Pikiran. Metode tersebut mulai diterapkan pada 12 Juni 2017 lalu.

Menurut Husni, Peta Pikiran adalah suatu metode pembelajaran yang memaksimalkan fungsi penginderaan dan kerja otak siswa dalam menghubungkan dan mengembangkan ide yang satu dengan ide yang lainnya, berdasarkan media pembelajaran yang digunakan.

            Metode Peta Pikiran dapat merangsang kemampuan berbahasa dan menulis anak-anak menggunakan berbagai media, baik media buatan manusia maupun media alami.

“Saya menggunakan buah pisang sebagai media pembelajaran. Guru menyiapkan buah pisang asli dan gambar buah pisang. Siswa mencicipi buah pisang itu. Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai cara membuat peta pikiran dan media buah pisang. Kemudian siswa membuat peta pikiran dang mengembang peta pikiran menjadi sebuah karya tulis sederhana, dan pada akhirnya siswa mempresentasikan tulisannya,” papar Husni di celah celah syuting film Dokumenter Inovasi Pendidikan, bertempat di SDN Sondosia, Selasa (21/11/2017) kemarin.

            Atas inovasinya itu, Tim Inovasi Nasional bekerja sama dengan Matahati Production, pun melakukan syuting video testimoni tentang Inovasi Pendidikan di sekolah tersebut.

Pengambilan testimony pun ditujukan kepada Husni S.Pd—yaitu salah seorang guru Bahasa Indonesia Kelas III dengan metode Peta Pikiran, yang telah berhasil meraih Inobel Inovasi Nasional Tahun 2017.

            Tim Inovasi Dwi Arini Sahadeni dan Utami Diah mengemukakan, bahwa kedatangan tim pembuat video terstimoni untuk melakukan serangkaian wawancara dan peliputan langsung tentang aktivitas Husni di ruang kelas, tentang metode Peta Pikiran.

 

Baca Juga :


            “Melalui kegiatan anugerah ini, kita ingin menunjukkan bahwa Inovasi itu murah, Inovasi itu dapat menggunakan media dan bahan bahan dari lingkungan sekitar,” ungkap Utami Diah.

            Menuirut rencana, Husni S.Pd akan menerima Anugerah Inobel Inovasi Nasional pada tanggal 30 November 2017, di Jakarta. Ia akan hadir bersama guru guru kreatif dan inovatif lainnya se Indonesia.

Untuk mendukung hal itu, Tim Inovasi Nasional mendatangkan Matahati Production untuk memproduksi film documenter tentang kiprah Husni di SDN Sondosia, dalam mengembangkan inovasi tentang Peta Pikiran.

Dalam film documenter itu pula, Waki Bupati Bima Drs Dahlan M Noer, juga memberikan tertimoni tentang dukungan dan kebijakan Pemerintah Daerah dalam rangka pengembangan inovasi di dunia pendidikan di Kabupaten Bima.(adi)

"PESERTA ANUGERAH JURNALISME WARGA 2017"



 
KIM Bolo

KIM Bolo

"Katakan benar apa yang kita lihat meski itu pahit bagi kamu" Nama : Suryadin Alamat : Jl Lintas Sumbawa No.53 Ds Rasabou Kec. Bolo Kab. Bima-NTB. Email : adipradana30@ymail.com Kontak Person: 085-253-323535 Website: www.kimbolo.info

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 

Artikel Populer

Komentar Terbanyak

 

image
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan